Home » » Pemerintah Akui Penyiksaan Terhadap Warga Papua

Pemerintah Akui Penyiksaan Terhadap Warga Papua

Jumat, 22 Oktober 2010

WKRnews - Pemerintah mengakui penyiksaan terhadap seorang warga Papua sebagaimana direkam dalam sebuah tayangan video di internet, dilakukan oleh seorang prajurit TNI.

Penyiksaan yang diduga terjadi pada pertengahan Maret tahun 2010 ini muncul di internet akhir pekan lalu dan segera dicabut penayangannya oleh pengelola situs Youtube beberapa hari sesudahnya.

Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Djoko Suyanto mengatakan penyelidikan terhadap pelaku masih dilakukan, namun dia memastikan pelaku akan dikenai sanksi sesuai ketentuan.

"Ada tindakan prajurit di lapangan yang berlebihan dalam mengelola mereka yang saat ditangkap dicurigai merupakan kelompok yang melakukan gangguan dan tembakan," kata Djoko Suyanto.

Kejadian diduga berlangsung di wilayah Tingginambut, Puncak Jaya, saat dilakukan pengejaran terhadap kelompok yang diduga terlibat dalam serangkaian aksi penembakan di wilayah operasi prusahaan tambang milik PT Freeport.

"Tindakan-tindakan yang berlebihan tadi, kita sudah melihat di media, youtube dan sebagainya, sudah barang tentu tindakan yang tidak profesional yang dilakukan prajurit di lapangan,"tambah Djoko.

Panglima TNI telah mengirim tim untuk menyelidiki peristiwa ini, namun menurut Menko Polkam hasilnya belum lengkap.

Presiden menurut Menko Polkam, sangat menaruh perhatian terhadap tayangan penyiksaan yang disiarkan internet dan diduga dilakukan oleh aparat TNI.

Menteri pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan dalam pertemuan itu presiden memerintahkan pelaku segera diadili dalam sidang Mahkamah Militer.

"Pokoknya begitu diketahui duduk perkara dan pelaku, segera court martial kan,"kata Purnomo.

Kasus ini mengundang perhatian berbagai kalangan termasuk Komnas HAM yang menyebut peristiwa ini merupakan bagian dari dampak operasi militer TNI di Papua.

Pemerintah Indonesia membantah operasi militer masih dilangsungkan di provinsi tersebut.(bbc)



Berita Terkait



0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda

 
 

Photo Kegiatan

Demo di Kejaksaan Madiun Kota
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9
Tim Pendakian Gunung WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9 Photo 10 Photo 11 Photo 12
Launching WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6

Gallery


 

Komentar Pembaca

Kategori

Artikel (38) Daerah (310) Ekonomi (139) Gaya Hidup (69) Hukum dan Kriminal (388) Info Hukum (42) Internasional (336) Jagat Jungkir Balik (97) Kesehatan (112) Korupsi News (132) Lokal Madiun (190) News Update (617) Olah Raga (177) Otomotif (38) Pendidikan (79) Politik (171) Selebriti (332) Serba-Serbi (208) Techno (183) Tips (36)

Followers

Disclaimer

wakoranews.blogspot.com tidak mempunyai file hosting pada server ini. Semua isi hosting ada pada situs web pihak ketiga. wakoranews.blogspot.com tidak bertanggung jawab untuk seluruh materi web pihak ketiga baik berupa gambar atau teks dan tidak memiliki keterlibatan di download / upload, kami hanya posting materi yang tersedia di internet dan juga kami tidak merubah sumber yang menerbitkannya. Apabila ada yang keberatan, kami akan menghapus posting yang menjadi claim.

=================================================

PERHATIAN : Semua gambar yang diposting di www.wakoranews.co.ccc hanyalah ILUSTRASI apabila ada yang keberatan kami akan menghapusnya. Terima kasih