Home » » Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Asam Folat Penting Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Kamis, 30 September 2010

WKRnews - Asam folat tergolong vitamin B yang sangat penting bagi perkembangan dan metabolisme sel. Hampir semua makanan mengandung Folat, sedangkan folic acid merupakan bentuk sintetis yang dapat ditemukan dalam suplemen atau produk yang telah diperkaya dengan vitamin ini.

Manfaat bagi Ibu hamil

Pada masa kehamilan terjadi pertumbuhan sel-sel baru dan asam folat sangat baik untuk membantu pertumbuhan sel-sel ini, selain juga untuk merawatnya. Asam folat juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur (preeclampsia), serta mengurangi risiko cacat lahir hingga 50 – 70 persen. Bagi Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia.

Makanan sumber asam folat

Asam folat dapat di temukan dari makanan berikut:

• Buah-buahan seperti lemon, pisang, dan melon.
• Kacang kedelai, kacang kapri, dan tanamana kacang-kacangan lainnya.
• Sayuran berhijau daun, seperti bayam, brokoli, dan kol.
• Produk-produk yang sudah diperkaya, seperti pada roti, jus, dan sereal.

Asam folat disarankan dikonsumsi 4 bulan sebelum kehamilan, Departemen Kesehatan AS, merekomendasikan semua wanita untuk mengkonsumsi asam sebesar 400 mikrogram per hari. Sementara bagi Anda yang sedang hamil, tentu kebutuhannya lebih tinggi lagi, yaitu 600 mikrogram per hari. Apalagi bagi ibu yang pernah melahirkan bayi cacat, harus mengonsumsi asam folat minimal 1-4 miligram per hari atau 10 kali dosis normal.

Karena asam folat mudah larut dalam air, jadi untuk konsumsi yang berlebihan tidak akan menimbulkan efek samping yang berisiko tinggi kecuali mual, kembung, gas, dan insomnia.(sahacrash)



Berita Terkait



0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda

 
 

Photo Kegiatan

Demo di Kejaksaan Madiun Kota
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9
Tim Pendakian Gunung WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9 Photo 10 Photo 11 Photo 12
Launching WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6

Gallery


 

Komentar Pembaca

Kategori

Artikel (38) Daerah (310) Ekonomi (139) Gaya Hidup (69) Hukum dan Kriminal (388) Info Hukum (42) Internasional (336) Jagat Jungkir Balik (97) Kesehatan (112) Korupsi News (132) Lokal Madiun (190) News Update (617) Olah Raga (177) Otomotif (38) Pendidikan (79) Politik (171) Selebriti (332) Serba-Serbi (208) Techno (183) Tips (36)

Followers

Disclaimer

wakoranews.blogspot.com tidak mempunyai file hosting pada server ini. Semua isi hosting ada pada situs web pihak ketiga. wakoranews.blogspot.com tidak bertanggung jawab untuk seluruh materi web pihak ketiga baik berupa gambar atau teks dan tidak memiliki keterlibatan di download / upload, kami hanya posting materi yang tersedia di internet dan juga kami tidak merubah sumber yang menerbitkannya. Apabila ada yang keberatan, kami akan menghapus posting yang menjadi claim.

=================================================

PERHATIAN : Semua gambar yang diposting di www.wakoranews.co.ccc hanyalah ILUSTRASI apabila ada yang keberatan kami akan menghapusnya. Terima kasih