Home » » Nutrisi Omega 3 Tak Banyak Membantu Pasien Jantung

Nutrisi Omega 3 Tak Banyak Membantu Pasien Jantung

Selasa, 31 Agustus 2010

NEW YORK - Memakan lebih banyak makanan kesehatan jantung Omega-3 tidak memberikan manfaat tambahan terhadap korban serangan jantung yang sudah mendapatkan perawatan yang baik.

Para peneliti di Belanda melaporkan, setelah hampir 3 1/2 tahun, tidak ada perbedaan dalam kematian, serangan jantung dan masalah jantung lainnya, antara mereka yang memakan mentega dengan menambahkan asam Omega-3 dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

Hasil penelitian ini tidak berarti bahwa mendapatkan lebih banyak nutrisi esensial tidak memiliki nilai plus. Beberapa studi telah menawarkan bukti bahwa sebagian besar dari minyak ikan bisa mengurangi penyakit jantung.

Tapi bagi pasien jantung yang dirawat dengan hati-hati "menambahkan sedikit asam Omega-3 tampaknya tidak membuat perbedaan," kata Alice Lichtenstein, profesor nutrisi dari Tufts University, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Omega-3 diperkirakan membantu mengurangi risiko denyut jantung yang abnormal, memperlambat pertumbuhan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah, dan lemak berbahaya yang lebih rendah disebut trigliserida.

Dalam beberapa tahun terakhir, Omega-3 telah ditambahkan ke beberapa makanan seperti mentega dan telur, atau label makanan khusus mengandung Omega-3 seperti ikan tuna. "Sekarang mereka muncul di tempat yang tak terduga," kata Lichtenstein.

Dua jenis Omega-3 berasal dari ikan liar berminyak seperti salmon, makarel dan tuna. Jenis ketiga berasal dari tanaman; termasuk kenari, biji rami, kedelai, dan minyak canola.

"Ini merekomendasikan orang makan satu atau dua porsi ikan per minggu," kata pemimpin studi tersebut, Daan Kromhout dari Wageningen University di Belanda.

"Hasil percobaan ini tidak mengubah itu," katanya yang mencatat bahwa tidak ada efek samping berbahaya. "Ini masih merupakan hal yang baik untuk makan ikan sekali atau dua kali seminggu."

Peserta penelitian itu adalah orang-orang yang mengambil obat terbaik untuk mencegah gangguan jantung di masa depan, dan bisa menambahkan dosis-rendah dari Omega-3 yang tidak menawarkan perlindungan ekstra, kata para peneliti.

Para relawan juga lebih tua dan memasuki tahun studi setelah serangan jantung mereka. Berbeda dengan pasien jantung dalam penelitian sebelumnya yang melakukan manfaat dengan mengambil pil minyak ikan.

Temuan itu disajikan di pertemuan Masyarakat Kardiologi Eropa di Stockholm dan diterbitkan secara online oleh New England Journal of Medicine.

Untuk penelitian ini, Kromhout dan rekan-rekannya merekrut 4.837 korban serangan jantung di Belanda yang berusia antara 6-80 tahun. Mereka secara acak memakan salah satu dari empat jenis mentega-mentega biasa atau yang dengan tambahan Omega-3 yang berasal dari ikan, tanaman, atau keduanya.

Kromhout mengatakan mereka menggunakan mentega karena lebih mudah daripada minyak ikan suplemen untuk membuat semua versi tampilan dan rasa identik. "Rata-rata, pasien menyantap sekitar empat sendok teh (18,8 gram) mentega tiap hari, yang diletakkan pada roti saat makan," kata Kromhout.

Selama 3 1/2 tahun mereka diobservasi, 671 pasien atau 14% memiliki masalah jantunng. Tidak ada perbedaan antara sejumlah kelompok yang tidak peduli dengan mentega yang mereka makan.

Dr Stephen Kopecky, seorang ahli jantung di Mayo Clinic di Rochester, Minn, mengatakan mungkin masalah terlalu sedikit, terlalu terlambat, dosis kecil dan pasien terdaftar bertahun-tahun setelah serangan jantung awal mereka rata-rata empat tahun.

"Jika Anda menunggu terlalu lama, kadang-kadang Anda kehilangan hal yang menguntungkan mereka," katanya. Ia mengatakan pasien jantungnya mengambil 1.000 miligram minyak ikan setiap hari. "Manfaat yang berpotensi sangat besar, bahwa kita cenderung menempatkan pasien di atasnya cukup sering," katanya.

Sejak hasil penelitian terhadap para korban serangan jantung di Belanda, Lichtenstein mengatakan, masih tidak diketahui apakah Omega-3 dapat melindungi pasien terhadap serangan jantung pertama atau membantu pasien yang tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Penelitian ini didanai oleh Yayasan Jantung Belanda dan Lembaga Kesehatan Amerika Serikat. Unilever menyediakan mentega yang diperkaya omega-3. [mor/inilah]



Berita Terkait



0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda

 
 

Photo Kegiatan

Demo di Kejaksaan Madiun Kota
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9
Tim Pendakian Gunung WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9 Photo 10 Photo 11 Photo 12
Launching WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6

Gallery


 

Komentar Pembaca

Kategori

Artikel (38) Daerah (310) Ekonomi (139) Gaya Hidup (69) Hukum dan Kriminal (388) Info Hukum (42) Internasional (336) Jagat Jungkir Balik (97) Kesehatan (112) Korupsi News (132) Lokal Madiun (190) News Update (617) Olah Raga (177) Otomotif (38) Pendidikan (79) Politik (171) Selebriti (332) Serba-Serbi (208) Techno (183) Tips (36)

Followers

Disclaimer

wakoranews.blogspot.com tidak mempunyai file hosting pada server ini. Semua isi hosting ada pada situs web pihak ketiga. wakoranews.blogspot.com tidak bertanggung jawab untuk seluruh materi web pihak ketiga baik berupa gambar atau teks dan tidak memiliki keterlibatan di download / upload, kami hanya posting materi yang tersedia di internet dan juga kami tidak merubah sumber yang menerbitkannya. Apabila ada yang keberatan, kami akan menghapus posting yang menjadi claim.

=================================================

PERHATIAN : Semua gambar yang diposting di www.wakoranews.co.ccc hanyalah ILUSTRASI apabila ada yang keberatan kami akan menghapusnya. Terima kasih