Home » » Diperkirakan Kangguru Berasal Dari Amerika

Diperkirakan Kangguru Berasal Dari Amerika

Kamis, 29 Juli 2010

BERLIN - Hewan berkantung atau kangguru selama ini dikenal sebagai hewan khas benua Australia. Namun, penelitian genetis menyebutkan bahwa karakteristik koala, kanguru, possum, dan wombat di Australia memiliki gen yang sama dengan leluhurnya di Amerika.

Sebuah tim dari Universitas Muenster, Jerman, berhasil menghimpun silsilah keluarga hewan berkantung tersebut berdasarkan susunan DNA. Dalam sebuah tulisan di jurnal Biologi di Perpustakaan Ilmiah Publik (PLoS), peneliti menyatakan spesies hewan berkantung itu pindah dari Amerika ke Australia.

Berdasar penelitian disebutkan bahwa keluarga spesies yang ada di Australia sama dengan keluarga hewan sejenis tupai di Amerika Utara dan Selatan dan juga spesies sejenis lainnya di negara Asia termasuk di Indonesia dan Papua Nugini.

"Saya rasa ini menjadi bukti yang cukup kuat mengenai migrasi tunggal (kangguru) ke Australia. Tes DNA membuktikan mereka memiliki leluhur yang sama," kata Juergen Schmitz, salah seorang anggota tim.

Riset ini dilakukan dengan mencocokkan genom dari dua hewan berkantung, yaitu tupai buntut pendek abu-abu (monodelphis domestica) dari Amerika Selatan dan kanguru Australia (macropus eugenii). Para peneliti dari Muenster mencari elemen DNA yang disebut retroposon. Ini adalah bagian yang bisa disalin dan dimasukkan kembali ke dalam DNA secara acak dalam sejarah evolusi binatang.

Dua spesies membawa retroposon yang sama. Artinya, mereka termasuk dalam kategori ''gen yang meloncat'' yang bisa menyebar informasi genetis. Retroposon yang dimasukkan ke spesies lain memberikan petunjuk penting dalam rangkaian evolusi keluarga hewan berkantung.

Dengan metode ini diketahi bahwa tupai berkantung Amerika saat ini memang telah terpisah dari garis keluarga utama. Namun, dalam satu masa, sebuah spesies nenek moyang tupai berkantong di Amerika migrasi ke Australia dan menciptakan ragam keluarga hewan berkantung lainnya yang terdapat di sana sampai sekarang.

Sayangnya, waktu pasti mengenai kapan migrasi itu terjadi masih belum diketahui, karena analisis dari riset ini tidak menunjukkan kapan waktu evolusi ini dimasukan. "Mungkin sekitar 30-40 juta tahun lalu, tapi kami tidak bisa memastikannya karena gen yang melompat ini tidak bisa memberikan informasi waktu yang tepat," kata Schmitz.

"Sekarang terserah kepada orang lain, mungkin dari ahli paleontologi untuk mencari tahu kapan peristiwa itu terjadi," imbuhnya.

Secara keseluruhan sejarah hewan berkantung pada hakekatnya merupakan migrasi melingkar. Spesies awal jenis Sinodelphys szalayi diketahui dari fosil berusia 125 juta tahun lalu, yang ditemukan di Cina.

Sesudah itu, keluarga atau mungkin spesies tunggal menyeberang benua Gondwana yang sekarang disebut sebagai Amerika Selatan.

Keluarga hewan berkantung mulai menyebar sekitar 70-80 juta tahun lalu. Setelah menyeberang ke Australia, kemudian mereka masuk ke utara ke kepulauan Indonesia dan nyaris kembali ke kampung halaman mereka di Cina.(bbc.co.uk)



Berita Terkait



0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda

 
 

Photo Kegiatan

Demo di Kejaksaan Madiun Kota
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9
Tim Pendakian Gunung WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9 Photo 10 Photo 11 Photo 12
Launching WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6

Gallery


 

Komentar Pembaca

Kategori

Artikel (38) Daerah (310) Ekonomi (139) Gaya Hidup (69) Hukum dan Kriminal (388) Info Hukum (42) Internasional (336) Jagat Jungkir Balik (97) Kesehatan (112) Korupsi News (132) Lokal Madiun (190) News Update (617) Olah Raga (177) Otomotif (38) Pendidikan (79) Politik (171) Selebriti (332) Serba-Serbi (208) Techno (183) Tips (36)

Followers

Disclaimer

wakoranews.blogspot.com tidak mempunyai file hosting pada server ini. Semua isi hosting ada pada situs web pihak ketiga. wakoranews.blogspot.com tidak bertanggung jawab untuk seluruh materi web pihak ketiga baik berupa gambar atau teks dan tidak memiliki keterlibatan di download / upload, kami hanya posting materi yang tersedia di internet dan juga kami tidak merubah sumber yang menerbitkannya. Apabila ada yang keberatan, kami akan menghapus posting yang menjadi claim.

=================================================

PERHATIAN : Semua gambar yang diposting di www.wakoranews.co.ccc hanyalah ILUSTRASI apabila ada yang keberatan kami akan menghapusnya. Terima kasih