Polisi Inggris Dilatih Lacak Kejahatan Lewat Facebook

Minggu, 31 Oktober 2010

WKRnews - Polisi terutama detektif, akan diajarkan bagaimana cara melacak tersangka pelaku kejahatan melalui media sosial di dalam rencana program pelatihan baru. Ya, aparat hukum di Inggris ini akan segera dibuat akrab dengan Facebook.

Tujuan dari National Policing Improvement Agency (NPIA) ini untuk memudahkan polisi dalam melacak tersangka kejahatan dan mengumpulkan bukti-bukti tak hanya dari ponsel tetapi juga media sosial di komputer. NPIA mengatakan inisiatif ini diumumkan untuk membuat pelatihan detektif lebih relevan terhadap tantangan kejahatan di jaman modern.

Sekitar 3.500 mahasiswa yang mengambil program pengembangan investigasi NPIA (NPIA's Initial Crime Investigators Development Programme) siap ditampung setiap tahunnya untuk pengembangan program baru ini. Pelatihan ini tak cuma mengenalkan mereka apa dan fungsi Facebook.

Tetapi, mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara terbaik untuk melacak jejak tersangka serta mengumpulkan bukti-bukti melalui komputer, ponsel, CCTV, data keuangan seperti laporan bank, dan penggunaan ATM. Deputy Chief Constable Nick Gargan mengatakan pengembangan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan detektif dalam menyambut tantangan dan kompleksitas kepolisian di jaman modern.

"Program ini menjadi bagian penting pada karir detektif. Pengembangan program ini mencakup area-area sensitif yang tak didapatkan pada program sebelumnya. Pengembangan ini juga menggarisbawahi pentingnya sebuah badan nasional untuk memberikan bimbingan pada detektif dengan standar tinggi," tutur Gargan, Kepala NPIA, dilansir BBC.

Menurutnya, mereka bisa melakukan investigasi di berbagai negara bagian sekaligus menularkannya pada rekan-rekan mereka bagaimana cara terbaik untuk memerangi kejahatan.(tribun)

Selengkapnya... - Polisi Inggris Dilatih Lacak Kejahatan Lewat Facebook



Gelombang Tsunami Ternyata Sudah Ada Sejak 6000 Tahun Sebelum Masehi

WKRnews - Gempa berkekuatan 7,2SR yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin 25 Oktober 2010, menimbulkan serangan gelombang maut, tsunami. Seluruh pemukiman yang berada di pantai barat gugusan kepulauan itu diterjang tsunami sehingga menewaskan lebih dari 400 orang.

Indonesia tidak lagi asing dengan bencana itu. Pada Desember 2004, tsunami besar terjadi di Aceh. Lalu tiga bulan berikutnya terjadi di Nias. Setahun lagi, tepatnya 17 Juli 2006, tsunami juga terjadi di Pangandaran, Jawa Barat.

Rekam jejak tunami ternyata sudah terjadi sejak tahun 6.000 Sebelum Masehi. Laman media ilmiah Livescience.com mencatat daftar tsunami maha dahsyat yang pernah terjadi di bumi.

Gugusan salju besar di Sisilia longsor dan jatuh ke laut. Longsor yang terjadi pada 8 ribu tahun lalu ini memicu bencana tsunami tersebar di Laut Mediterrania. Tidak ada catatan sejarah bencana ini. Hanya para ilmuwan geologi memperkirakan tsunami dengan kecepatan 320 kilometer per jam ini mencapai ketinggian gedung 10 lantai.

Berikut ini sejumlah kejadian tsunami di dunia yang terjadi sejak tahun 1755 :


* 1 November 1755

Setelah gempa yang menghancurkan Lisbon, Portugal, dan mengguncang sebagian besar Eropa. Orang-orang banyak yang berlindung di perahu. Namun, tsunami justru terjadi. Tak pelak bencana ini menewaskan lebih dari 60 ribu orang.

* 27 Agustus 1883
Letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda, memicu tsunami yang menenggelamkan pesisir Sumatera, Jawa bagian utara, dan Kepulauan Seribu. Kekuatan gelombang bisa menyeret karang seberat 600 ton ke pantai. 36 ribu orang meninggal sia-sia.

* 15 Juni 1896

Gelombang setinggi 30 meter muncul sesaat setelah terjadi gempa di Jepang. Seluruh pantai timur disapu tsunami itu. 27 ribu orang meninggal.

* 1 April 1946

Gempa besar di Alaska menimbulkan gelombang besar di Hawaii. Bencana yang sering disebut sebagai misteri "April Fools Tsunami" itu menewaskan 159 orang.

* 9 Juli 1958

Gempa berkekuatan 8,3 SR di Alaska menyebabkan gelombang besar hingga 576 meter di Teluk Lituya, Alaska. Ini merupakan tsunami terbesar yang tercatat di zaman modern.

Untung saja, tsunami terjadi di tempat terisolir, sehingga tidak menimbulkan banyak korban. Tsunami ini hanya menyebabkan dua nelayan meninggal dunia, karena kapalnya karam diterjang ombak.

* 22 Mei 1960

Gempa bumi terbesar yang pernah tercatat sebesar 8,6 SR di Chile. Gempa ini menciptakan tsunami yang menghantam Pantai Chile dalam waktu 15 menit. Gelombang tinggi terjadi hingga 25 meter. Tsunami ini menewaskan 1.500 orang di Chile dan Hawaii.

* 27 Maret 1964

Gempa Alaska "Good Friday" berkekuatan 8,4 SR, menimbulkan gelombang 67 meter di kawasan Valdez Inlet, Alaska. Gelombang dengan kecepatan 640 kilometer per jam ini menewaskan lebih dari 120 orang. Sepuluh orang di antaranya dari Crescent City, California, yang juga mendapat kiriman ombak setinggi 6,3 meter.

* 23 Agustus 1976

Tsunami di Filipina barat daya menewaskan 8 ribu orang. Gelombang besar ini juga dipicu gempa bumi di sekitar pantai.

* 17 Juli 1998

Gempa dengan kekuatan 7,1 SR menghasilkan tsunami di Papua Nugini. Gelombang besa dengan cepat membunuh 2.200 orang.

* 26 Desember 2004

Gempa maha dahsyat dengan kekuatan 9,3 SR mengguncang di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh. Gempa paling besar sepanjang 40 tahun terakhir ini menimbulkan gelombang tinggi di Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Setidaknya 320 ribu orang dari delapan negara meninggal dunia. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah.

* 28 Maret 2005

Tiga bulan kemudian tsunami juga terjadi di Sumatera. Gempa di lepas pantai Nias yang berkekuatan 8,7 SR itu memicu tsunami besar yang menewaskan 1.300 orang di Pulau Nias, Sumatera Barat.(tribun)

Selengkapnya... - Gelombang Tsunami Ternyata Sudah Ada Sejak 6000 Tahun Sebelum Masehi



Film Charlie Chaplin Bukti Perjalanan Menembus Waktu

WKRnews - Seorang sutradara film di Irlandia mengunggah video di internet yang ia katakan mungkin sebagai bukti perjalanan menembus waktu (time travelling).

George Clarke, demikian nama sutradara tersebut, mengaku bingung dalam setahun terakhir setelah melihat potongan film lama Charlie Chaplin yang dibuat pada 1928.

Yang membuat Clarke heran dan bingung adalah, dalam salah satu adegan terlihat seorang wanita yang sepertinya tengah melakukan pembicaraan dengan telepon genggam.

Pada tahun 1928 tentu saja belum ada ponsel karena piranti komunikasi ini belum ditemukan.

"Ketika saya menonton film tersebut di 30 detik pertama saya melihat pemandangan yang sama sekali tidak aneh. Mirip dengan suasana sehari-hari dewasa ini," tutur Clarke.

"Saya cermati adegan itu dan saya tonton berulang-ulang. Saya juga minta orang lain untuk menyaksikan adegan tersebut."

"Kesimpulannya sama bahwa wanita yang berjalan tersebut sepertinya sedang berbicara melalui telepon genggam," kata Clarke.

Ia juga membawa film ini ke festival film di Belfast untuk ditonton lebih banyak orang. Namun sejauh ini tidak ada yang bisa memberikan penjelasan secara tuntas.

Sekarang ia mulai menyerah dan memperkirakan tidak akan ada penjelasan ilmiah tentang wanita yang sepertinya melakukan pembicaraan dengan ponsel di tahun 1928.

"Misteri seperti ini rasanya tidak akan terpecahkan," kata Clarke.

"Saya sendiri cukup terbuka. Artinya, fiksi ilmiah mungkin ada benarnya. Jadi, sepertinya ada orang dari masa depan yang bisa menembus waktu (ke tahun 1928)," kata Clarke.

Potongan adegan film Chaplin yang ia taruh di situs berbagi video YouTube telah ditonton 3,7 juta kali sejak diunggah pada 19 Oktober lalu. Selain itu, video ini mengundang tak kurang dari 10.000 komentar.(bbc)

Selengkapnya... - Film Charlie Chaplin Bukti Perjalanan Menembus Waktu



Ternyata Burung Unta Bisa Berlari Dengan Kecepatan Tinggi

WKRnews - Cara burung unta berjalan boleh dikatakan memang tidak anggun, namun hewan ini bisa lari dengan kecepatan yang sangat mengesankan.

Kini para ilmuan sudah bisa mengetahui apa yang menyebabkan unggas tersebut bisa berlari begitu cepat dan begitu efisien.

Burung unta menggunakan separuh dari energi yang diperlukan manusia pada saat berlari dalam kecepatan paling tinggi, kata para peneliti.

Kesimpulan didapat dengan cara membandingkan manusia dan burung unta dalam satu lomba lari.

Rahasianya terletak pada kelenturan atau daya lenting hewan tersebut. Otot-otot burung unta bisa menyimpan "energi elastis" dua kali lebih banyak per langkah bila dibandingkan dengan manusia.

Hasil eksperimen biomechanics ini dijelaskan dalam majalah ilmiah Royal Society Journal Interface.

Lima ekor burung unta yang "sangat jinak" merupakan obyek dari pengkajian tersebut. Para ilmuan mengukur gerakan berbagai anggota badan serta persendian tulang termasuk kekuatan pijak pada waktu kedua kaki burung unta menyentuh tanah.

Burung-burung unta ini lari pada jalur-lari sepanjang 50 meter yang sengaja dibuat. Pada persendian tulang unggas-unggas tersebut dipasang alat-alat reflektif serhingga gerakan hewan tersebut bisa direkam secara rinci.

Lima orang relawan juga diteliti dengan cara yang persis sama - dengan beberapa kamera merekam mereka dari berbagai sudut pengambilan gambar.(bbc)

Selengkapnya... - Ternyata Burung Unta Bisa Berlari Dengan Kecepatan Tinggi



Kembali, Ibukota Turki di Guncang Bom

ISTANBUL - Polisi mengatakan setidaknya 22 orang luka-luka di pusat kota Istanbul dalam sebuah serangan bom yang diduga bom bunuh diri.

Gambar-gambar dari televisi di Pelataran Taksim menunjukkan adanya serakan organ tubuh.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut, tetapi sebuah gencatan senjata selama dua bulan dengan pemberontak Kurdi akan berakhir hari ini (31/10), demikian kata wartawan BBC di Istanbul.

Polisi anti huru hara yang ditempatkan di kawasan itu kemungkinan menjadi targetnya, kata jurubicara kepolisian.

Sembilan polisi dikatakan terluka dengan beberapa diantaranya sangat serius, tambahnya. Enam warga sipil juga dilaporkan terluka.

Ledakan besar dilaporkan terdengar di pusat kota Istanbul menjelang tengah hari.

Ledakan terjadi persis di sebelah monumen kemerdekaan di Pelataran Taksim yang selalu penuh dengan orang, kata wartawan BBC.

Biasanya ada sekumpulan polisi anti huru hara yang ditempatkan di pelataran tersebut karena seringnya tempat itu digunakan untuk demonstrasi.

Seorang jurubicara kepolisian mengatakan ledakan itu kemungkinan sebuah serangan bom bunuh diri yang ditujukan kepada mereka.

Saksi mata Aris Virkas mengatakan kepada BBC bahwa ia sedang berjalan di Pelataran Taksim ketika mendengar ledakan.

''Saya berbalik dan melihat polisi dengan darah di muka mereka dan seseorang berbaring,'' katanya. ''Semua orang termasuk polisi berlarian kesana kemari dalam panik.''

''Ada sebuah bis yang berisi mungkin 20 polisi: mereka keluar mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi.''

''Setelah beberapa menit, mereka mulai meminta orang untuk mundur dari tempat kejadian.''

Wartawan BBC mengatakan kecurigaan kemungkinan mengarah ke kelompok separatis Kurdi atau kelompok terkait dengan Al Qaida.

Kelompok separatis Kurdi, PKK, di masa lalu melakukan serangan bom ke Istanbul, maupun kelompok Islamis maupun kiri.

Dikatakan bahwa kelompok terkait Al Qaida kecil jumlahnya di Turki namun aktif. Polisi diketahui beberapa kali melakukan penangkapan terhadap mereka.

Konsulat Inggris di Istanbul tahun 2003 dibom sebuah kelompok yang mengaku terkait Al Qaida dan menewaskan 28 orang.(bbc)

Selengkapnya... - Kembali, Ibukota Turki di Guncang Bom



PSK Kremil Galang Dana Untuk Korban Bencana

SURABAYA- Puluhan Pekerja Seks Komersial (PSK) dan Mucikari di Lokalisasi Kompleks Kremil, Surabaya, menggalang dana untuk korban Tsunami kepulauan Mentawai dan letusan Gunung Merapi.

Para PSK tersebut menggelar teaterikal di pinggir jalan, aksi ini menarik perhatian warga yang melintas untuk menonton dan memberikan sumbangan seikhlasnya.

Selain itu, mereka juga menggalang dana dari rumah ke rumah atau para pengendara yang melintas di jalan tersebut. Mereka membawa kardus untuk menaruh uang dan beberapa poster bergambar juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan.

Koordinator aksi ini, Daniel Lukas Rorong, bertujuan untuk meringankan beban korban bencana alam dan menunjukkan bahwa PSK dan Mucikari juga bersimpati dan mempunyai niat tulus untuk membantu sesama.

Menurut Daniel, sebagai PSK tentu banyak pandangan yang negatif. Namun demikan, PSK juga tetap memiliki hati nurani dan rasa kemanusian. "Oleh karena itu penggalangan dana ini menunjukkan bahwa PSK juga punya hati nurani dan kemanusian." tambah pria Ketua Komunitas Peduli Kremil ini.

Beberapa elemen organisasi yang turut membantu penggalangan dana yakni Laskar Nagabonar (Taruna Ganyang Bongkar Narkoba) dan KPK (Komunitas Peduli Kremil).

Disela-sela acara salah satu PSK, Yanti (30), berharap aksi yang digelar ini semoga bermanfaat. "Saya hanya bisa memberikan Rp20 ribu, itu pun sisa hasil 'kerja' semalam,"ujar perempuan asal Tuban sambil tersipu.(bul/ded/okezone)

Selengkapnya... - PSK Kremil Galang Dana Untuk Korban Bencana



Pertamina Berencana Akuisisi Medco Energy

SURABAYA - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik, Sofyano Zakaria, menilai rencana perusahaan minyak dan gas bumi PT Pertamina mengakuisisi saham Medco Energy Int Tbk telah mempertaruhkan citra positif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Bila tujuan akuisisi untuk meningkatkan produksi minyak Pertamina, maka lebih tepat ia membeli ladang minyak," kata Sofyano Zakaria, dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, dengan mengakuisisi Medco maka Pertamina menanggung kewajiban-kewajiban korporasi Medco, seperti utang pajak kepada pihak ketiga.

"Dengan mengakuisisi saham Medco, Pertamina belum tentu terlibat secara langsung mengendalikan Medco," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta Pertamina mengkaji secara tepat pertimbangan Medco menjual sahamnya. Jika medco akan beralih bisnis ke agrobisnis, maka mereka yang ada di belakang Medco berencana fokus ke bidang lain.

"Kalau kondisi itu terjadi ke depan bisa mengancam prospek bisnis Medco," katanya.

Di sisi lain, ungkap dia, sampai sekarang Pertamina mempunyai utang ke pihak ketiga, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Apabila pembelian saham dibiayai dari dana pinjaman, maka rencana akuisisi tersebut adalah kebijakan yang sangat tidak tepat," katanya.

Anggota Komisi VII DPR, Satya W. Yudha, menilai pembelian saham Medco hanya akan menguntungkan Pertamina dan Indonesia ketika saham yang dibeli adalah operasi Medco di luar negeri.

"Kalau benar demikian, upaya itu dapat meningkatkan produksi Pertamina secara keseluruhan dan akan berdampak terhadap produksi nasional," katanya.

Namun, bila yang dibeli Medco di Indonesia, maka secara nasional hanya berpindah kantong. Bahkan, tidak mempengaruhi total produksi nasional.

"Hal itu justru menjadikan perusahaan minyak dan gas bumi nasional tidak tumbuh," katanya.(*/ANT/A027/AR09)
Selengkapnya... - Pertamina Berencana Akuisisi Medco Energy



Baru Kenal Satu Minggu Sudah Perkosa Teman Sekerja

BATAM - Baru kenal satu minggu, seorang pekerja di kawasan industri Mukakuning, Batamindo, berinisial RS (20) menjadi korban pemerkosaan di jembatan I Barelang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Meski memelas supaya jangan diperkosa, tidak membuat PS (23) kasihan. Justru PS mengancam akan membunuh wanita yang baru dikenalnya tersebut. Mendapat ancaman itu, RS hanya bisa menangis. Dengan tangan diikat di belakang, PS dengan leluasa melampiaskan nafsu bejatnya.

"Dia ikat tangan saya ke belakang. Talinya seperti tali kabel. Saya teriak, tapi nggak ada orang yang dengar, soalnya di sana sepi. Lokasinya 50 meter sebelum jembatan satu Barelang sebelah kiri jalan," ujar RS ketika melaporkan peristiwa tersebut di Polsek Sagulung, Sabtu (30/10/2010) sekitar pukul 20.00 WIB.

RS mengaku, usai melampiaskan hasratnya, PS kembali mengancamnya agar tidak melaporkan perbuatan bejatnya tersebut kepada keluarga RS. "Saya diantar pulang ke rumah. Saya takut cerita ke keluarga," ujar RS.

Ketakutan RS akhirnya tak tertahankan ketika melihat PS makin cuek tanpa ada rasa bersalah atau bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukan. "Saya akhirnya beritahu keluarga. Makanya saya disuruh melapor ke polisi," ujar RS.

RS dan PS selama ini bekerja dalam satu perusahaan di kawasan Mukakuning. Setelah melapor, polisi langsung memburu PS di kediamannya Kavling Sei Beduk.(tribun)

Selengkapnya... - Baru Kenal Satu Minggu Sudah Perkosa Teman Sekerja



Pemuda Lugu Dituduh Hamili Seorang Gadis

Sabtu, 30 Oktober 2010

MALANG - Pemuda lugu warga Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, bernama Achmad Suhadak (19), akhirnya ditangkap polisi, Sabtu (30/10/2010) siang. Lelaki yang dilaporkan Nila (bukan nama sebenarnya) itu, dituduh menghamilinya.

Nila yang kini berusia 16 tahun dan tinggal di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, usia kandungnya sudah diatas 7 bulan. Pada Polisi yang melaporkannya, rahim dalam kandungannya akibat persetubuhan antara dirinya dengan Suhadak.

“Suhadak sudah kami amankan. Saat ini masih dalam proses pemeriksaan. Tapi, apakah dia jadi tersangka dalam kasus persetubuhan ini, semua masih menunggu hasil penyidikan dulu,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Hartoyo, Sabtu (30/10/2010) siang.

Dari data yang dihimpun beritajatim.com menyebutkan, Suhadak adalah pemuda lugu. Menurut sejumlah warga dan perangkat desa ditempatnya, Suhadak dikenal lelaki yang tekun dan giat bekerja. Sehari-hari, aktifitasnya hanya menjadi buruh tani. Namun, soal hubungan asmara dengan Nila, warga sendiri kurang tahu.

Hanya saja, dari penilaian warga, justru Nilalah yang punya sikap dan kepribadian kurang bagus. Selain gonta-ganti pacar, Nila juga dikenal perempuan yang suka berdandan menor. Jika kemudian Suhadak dituduh dan dilaporkan ke Polisi, bisa jadi itu semua karena Nila ingin menjebak Suhadak saja.

“Setahu kami dan warga disini Suhadak anaknya pendiam dan ramah. Tapi, kalau kemudian dia dilaporkan telah menghamili korban, warga banyak yang tidak percaya saja,” ungkap Kepala Desa Druju, Endang pada waktu itu.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Malang, Suhadak mengaku hanya sekali saja berhubungan intim dengan Nila. Menurutnya, persetubuhan itu dilakukan atas dasar suka sama suka dan terjadi pada Oktober 2009. dijelaskan Suhadak, ia kenal Nila dan janjian di daerah Turen, Malang. Setelah dilakukan kesepakatan jika Nilai mau diajak berhubungan intim, Suhadak pun memberikan uang bayaran Rp 50 ribu. Pasalnya, ia menganggap Nila gadis yang mau diajak tidur lelaki hidung belang.

“Saya hanya sekali saja. Itupun tidak lama. Saya tidak yakin kalau dia hamil karena saya. Karena selama ini, Nila memang sering gonta-ganti pacar,” terang Suhadak.

Di lain sisi, Nila pun memberikan keterangan jika adegan intim terjadi selama empat kali. Semuanya dilakukan pada bulan Desember 2009 lalu. Selain dilakukan di rumah Suhadak, hubungan badan itu pernah dilakukan ditempat kos Nila yang ada di daerah Turen, Malang. Bahkan, Nila sempat mengatakan apakah Suhadak mau bertanggung jawab jika dirinya hamil. Karena Suhadak menyanggupinya, perbuatan intim pun akhirnya dilakukan sampai yang keempat kalinya.

“Semua masih dalam proses pemeriksaan. Apakah nanti Suhadak terbukti menghamili korban, lihat saja perkembangannya nanti,” ucap AKP Hartoyo. [yog/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Pemuda Lugu Dituduh Hamili Seorang Gadis



Mantan Bupati Malang Tersandung Korupsi Dana Umroh

MALANG - Mantan Bupati Malang, Sujud Pribadi dibidik kasus korupsi. Sinyalemen kuat adanya pemeriksaan Mantan Bupati yang memimpin Kabupaten Malang dua periode berturut-turut itu, terkuak setelah Tim Penyidik Polres Malang, melengkapi berkas acara pemeriksaan pada tanggal 27 Oktober 2010 lalu alias P21 terkait kasus dugaan korupsi dana keagamaan pada tahun 2004-2005 lalu.

Sekadar diketahui, koruspi dana keagamaan yang khabarnya banyak menyeret mantan pejabat dilingkungan Pemkab Malang termasuk Sujud Pribadi itu, terjadi pada tahun anggaran 2004. Khabarnya, dana keagamaan mencuat untuk melanggengkan atau meloloskan Sujud Pribadi dalam pencalonan dirinya menjadi Bupati Malang.

Modus operandi dana keagamaan yang dituding banyak pihak berbau korupsi adalah, dengan memberangkatkan sejumlah ulama dan para kyai sepuh di Kabupaten Malang untuk umroh ke tanah suci. Namun, karena banyak pengasuh Pondok Pesantren yang tidak pernah mendapatkan dana umroh tapi namanya masuk dalam daftar, membuat kasus ini akhirnya muncul kepermukaan.

Nah, setelah melalui proses penyidikan, setahun kemudian Polisi akhirnya memeriksa Kabag Kesra Sahirudin. Pada pemeriksaan yang sangat panjang dan melelahkan itu, Polres Malang akhirnya melakukan penahanan terhadap Sahirudin pada tahun 2006 lalu.

Namun, karena berkas pemeriksaan Sahirudin tidak lengkap, mantan Kabag Kesra akhirnya dilepas meski sempat mendekam dibalik jeruji penjara Mapolres Malang selama 160 hari. Pada saat itu, silang sengkarut perkaran dana keagamaan timbul tenggelam.

Khabarnya, karena proses pemeriksaan Bupati Malang saat itu cukup rumit, membuat kasus korupsi senilai Rp. 1 miliar lebih dengan penyelewengan anggaran dana keagamaan atau yang dikorupsi sebesar Rp. 500 juta, menjadi kasus tersebut mandeg di tengah jalan. Kini, setelah berkas dana keagamaan sudah P21 sejak dua hari lalu, Polisi siap melimpahkan dan melanjutkan penyidikan tahap kedua.

Sinyalemen dibukanya kembali kasus korupsi dana keagamaan diungkapkan langsung Kasatreskrim Polres Malang, AKP Hartoyo, Sabtu (30/10/2010) siang pada wartawan. Menurut lelaki berperawakan sedang dan santun itu mengaku, pada Senin lusa, Polisi akan mengirimkan surat panggilan pada Sahirudin sebagai saksi dalam lanjutan perkara ini.

“Surat pemanggilan sudah kami buat. Senin lusa Sahirudin akan kita panggil. Pasalnya, berkas pemeriksaan sudah P21. Setelah surat panggilan diterima, dua hari berikutnya atau Rabu lusa Sahirudin kita periksa kembali sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi dana keagamaan,” ungkap AKP Hartoyo.

Menurutnya, pemanggilan Sahirudin akan dilakukan pada Senin (1/11/2010) besok. Dari pemanggilan ini, diharapkan ada tahapan baru terkait kasus dugaan korupsi yang ngendon cukup lama di Polres Malang. Saat ditanya wartawan apakah Mantan Bupati Malang itu bisa dijadikan tersangka, Hartoyo mengaku secara disposisi pada saat Sujud menjabat, mengetahui aliran dana keagamaan itu.

Hanya saja, semua masih perlu pembuktian. Termasuk, Polisi juga akan melakukan pemeriksaan setelah berkas keseluruhannya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kepanjen. Sehingga, pemeriksaan lanjutan tahap kedua, bisa segera dimulai.

“Pemeriksaan pertama mandeg karena berkas masih belum selesai. Karena saat ini semuanya sudah beres atau P21, tinggal kita panggil beberapa nama yang terlibat dalam dugaan kasus korupsi itu. Termasuk, akan memanggil Mantan Bupati Malang nantinya,” papar Hartoyo. [yog/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Mantan Bupati Malang Tersandung Korupsi Dana Umroh



Ditabrak Truk Motor dan Korban Terpelanting 8 Meter

SIDOARJO - Nasib apes dialami Hitzi Nauval Thirafi (5) warga Dusun Dares RT 17 RW 7 Desa Pabean Sedati. Saat dibonceng ibunya, Muslicatun Nadziroh (34) menaiki motor Honda Grand nopol W 4366 RK dari arah timur mau melintas putar balik ke timur di Jalan Raya Juanda tepatnya di depan rumah makan tempoe doloe, tiba-tiba dihantam truk berkecepatan tinggi dari arah barat atau belakang korban belakang.

Akibat tabrakan keras itu, motor dan kedua korban terpelanting hingga 8 meteran dari lokasi kejadian. Hitzi sendiri terpelanting hingga keluar aspal atau jatuh di jalur hijau atau taman Jalan raya Juanda yang ada di sebelah utara.

Akibat kecelakaan itu, Hitzi kritis dan ibunya mengalami luka di bagian kepala dan kaki kirinya. Hitzi meninggal dunia saat diirawat di RS Mitra Keluarga Waru. Sedangkan ibunya dilarikan ke RSUD Sidoarjo dengan kondisi tak sadarkan diri.

Usai menabrak korban, truk hino nopol W 8876 E yang dikemudikan Blasius Naibesi (34) warga Keluraahan Oesapa RT 4 RW 12 kupang itu juga posisinya berbalik arah yakni menghadap ke barat. Namun sopir CV Cipta Maju yang memuat kardus tempat jeli itu masih sadarkan diri dan lansung diminta keterangan petugas.

Menurut salah satu saksi mata di lokasi, truk yang melaju dari arah barat itu berkecepatan tinggi. Dan pada saat korban melintas, agaknya posisi motor sedikit menengah hingga truk itu tak kuasa untuk menghindar atau mengurangi kecepatannya.

"Truk sampai berbalik arah karena pengemudinya membanting setir ke arah selatan dan menabrak trotoar taman tengah Jalan," terang Agus salah satu wali murid yang juga teman korban yang bersamaan melintas di lokasi, Sabtu (30/10/2010).

Agus menyatakan, korban bersama dia tadi usai menjemput anaknya olahraga di sekolah TK Sedati. Sepertinya korban yang ada di depannya itu tak menyadari ada truk berkecepatan tinggi dari arah barat. [isa/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Ditabrak Truk Motor dan Korban Terpelanting 8 Meter



Kali Ketabang Surabaya Minta Tumbal

SURABAYA - Hingga pukul 16.00 WIB, tubuh Arif Rakhman Hakim dan Dicky Auren, dua bocah yang tenggelam di Kali Ketabang, belum ditemukan. Pencarian manual yang dilakukan keluarga korban belum membuahkan hasil.

Pencarian difokuskan di sisi barat kali tepatnya di samping area Skate BMX atau tepat di bawah patung Suro dan Boyo. Namun sejauh ini, keberadaan korban belum ditemukan.

Sementara itu, didapat keterangan penyebab jatuhnya kedua korban yang sama-sama duduk di bangku kelas 6 SD ini karena terpeleset.

"Kita datang ke sini (area Skate BMX) ada 7 orang," kata Faisol, salah seorang teman korban saat ditemui di lokasi, Sabtu (30/10/2010) sore.

Ke-7 anak yang bermain di Skate BMX ini adalah Arif Rakhman Hakim warga Kapasari Pedukuhan gang V. Mamad, Dicky Auren warga Ngaglik DKA, Dicky C warga Kapasari Pedukuhan, Galih, Sony dan Rudi, ketiganya warga Kapasari Pedukuhan.

Setibanya di lokasi, ke-7 anak ini bermain di bawah patung Suro dan Boyo. Tapi baru 10 menit bermain tiba-tiba saja Arif Rakhman Hakim terpeleset.

"Tak ingin terjatuh Hakim memegangi kaki Dicky. Tak ingin jatuh, Dicky memegang tangan patung di bawah Suro dan Boyo ini," kata Faisol.

Tapi sial bagi kedua bocah ini. Tangan patung berbentuk perempuan ini patah. Rupanya tangan patung yang hanya terbuat dari semen putih ini tak kuat menahan tubuh dua bocah ini.

Akibatnya Hakim dan Dicky sama-sama terjatuh. Melihat dua temannya terjatuh, Mamad berusaha menolong. Mamad menjulurkan tangannya berharap Dicky memegang tangannya.

"Sebenarnya Dicky sudah memegang tangan Mamad. Tapi Hakim memegangi kaki Dicky. Akibatnya, pegangan tangan Dicky terlepas," kata Faisol.

Setelah itu kedua bocah tersebut tenggelam. Rupanya Mamad tak ingin melihat dua temannya terjatuh. Mamad terjun ke kali dan berusaha menyelamatkan dua bocah tersebut.

Tapi usaha Mamad tak membuahkan hasil. Tubuh Hakim dan Dicky hanyut ditelan arus Kali yang deras. Dan hingga kini tubuh kedua korban belum ditemukan.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua siswa SD dilaporkan tenggelam. Kedua bocah tersebut diketahui bernama Arif Rakhman Hakim (11) dan Dicky Auren (11) keduanya tinggal di Jalan Kapasari, Surabaya. [roz/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Kali Ketabang Surabaya Minta Tumbal



Merapi Berpotensi Bisa Meletus Lebih Besar Lagi

YOGYAKARTA - Potensi Gunung Merapi meletus lagi besar, karena magma masih berada di kawah dan tidak mengalir keluar membentuk kubah lava baru, sehingga letusan eksplosif kemungkinan masih akan terjadi.

"Magma Merapi pada letusan kali ini sifatnya lebih asam dibandingkan dengan magma sebelumnya, sehingga ketika kawah tersumbat material vulkanik, maka sifat asam magma itu akan meningkat, dan menimbulkan letusan eksplosif," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio, di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan BPPTK menemukan titik letusan 2010, dan sudah membentuk kawah dengan diameter 200 meter. "Letusan menyebabkan terbentuknya kawah baru di puncak," katanya.

Menurut dia, meski telah membentuk kawah, namun magma yang keluar melalui kawah tidak langsung membangun kubah lava baru.

"Guguran material vulkanik justru menyumbat kawah, sehingga letusan eksplosif terjadi lagi pada dini hari Sabtu 30 Oktober 2010," katanya.

Subandrio mengatakan magma baru pada letusan 2010 berbeda dengan magma letusan 2006, dan sebelumnya. "Magma pada letusan 2010 diprediksikan mengandung silica 57 persen, atau meningkat lima persen dibandingkan dengan magma pada letusan 2006 yang mengandung silica 52 persen," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, magma Merapi pada letusan yang sekarang sifatnya lebih asam dibandingkan magma sebelumnya.

"Sehingga, ketika kubah tersumbat material vulkanik, maka sifat asam magma tersebut akan meningkat, dan menimbulkan letusan eksplosif," katanya.

Ia mengkhawatirkan apabila kawah yang di dalamnya ada magma dengan silica 57 persen itu tersumbat lagi, maka letusan tidak bisa dihindari, karena Merapi berpotensi masih akan meletus lagi," katanya.(V001/M008/ant)

Selengkapnya... - Merapi Berpotensi Bisa Meletus Lebih Besar Lagi



Tenaga Medis Sulit Menjangkau Mentawai Akibat Cuaca Buruk

MUKOMUKO - Dirjen Pelayanan Medik Kementrian Kesehatan RI, Supriyantoro, mengaku sulit menjangkau beberapa wilayah yang terkena tsunami di Mentawai, Sumatera Barat akibat cuaca buruk dan kondisi geografis.

"Dengan terpencar-pencarnya wilayah yang terkena tsunami sehingga sulit untuk dijangkau baik melalui transportasi darat, laut, maupun udara," kata Supriyantoro, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa saat ini rombangan dari Dirjen Pelayanan medik termasuk tenaga dokter kesulitan untuk bisa menjangkau beberapa wilayah yang terkenan bencana tsunami.

"Untuk bisa menjangkau beberapa wilayah yang terkena musibah tsunami di Mentawai tergantung dengan faktor cuaca," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa distribusi logistik termasuk evakuasi korban tsunami saat ini dilakukan di Kecamatan Sikakap.

"Karena jarak antara wilayah yang terkenan musibah tidak begitu jauh dengan Sikakap sehingga untuk penanganan bisa dilakukan di daerah itu," katanya.

Ia menerangkan selaian Sikakap daerah yang lebih dekat dengan Mentawai itu kabupaten Mukomuko.

"Bila di Sikakap sudah menumpuk korban yang ditangani kemungkinan kita akan mengunakan Rumah Sakit Umum Kabupaten Mukomuko sebagai alternatif," ujarnya.

Akibat cuaca Buruk yang terjadi sejak Jumat 29/10 menyebabkan helikopter MI 17 yang ditumpangi rombongan Dirjen Pelayanan Medik terpaksa mendarat darurat di Bandara Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Jumat 29/10.

"Tujuan rombongan Dirjen Pelayanan Medik rencananya akan pergi ke Mentawai karena cuaca buruk maka helikopter terpaksa mendarat di Bandara Kabupaten Mukomuko," kata Kepala Bandara Kabupaten Mukomuko Suparno, Sabtu.

Menurut dia, helikopter MI 17 yang ditumpangi Dirjen harus menginap satu malam di Bandara daerah ini, lalu pada Sabtu (30/10) pukul 10:00 WIB berangkat kembali menuju kepulauan Mentawai. (ANT149/M027)

Selengkapnya... - Tenaga Medis Sulit Menjangkau Mentawai Akibat Cuaca Buruk



Gerindra Larang Kadernya Studi Banding ke Luar Negeri

JAKARTA — Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto melarang kadernya di DPR ikut kunjungan kerja ke luar negeri. Larangan itu disampaikan mengingat Indonesia saat ini sedang berduka akibat bencana yang terjadi belakangan ini. Namun, bila kondisi sudah membaik, kunjungan kerja tersebut wajar dilakukan.

"Saya sudah mengeluarkan instruksi Fraksi Gerindra di DPR untuk tidak ada perjalanan ke luar negeri dalam rangka apa pun. Rakyat sedang kesusahan. Kami tidak izinkan walaupun ada programnya," ujar Prabowo dalam jumpa pers di Rapat Pimpinan Nasional III Gerindra di Hotel Redtop, Jakarta, Sabtu (30/10/2010).

Kunjungan kerja ke luar negeri, kata Prabowo, tidak sesuai dengan kehendak rakyat. Anggaran yang dikeluarkan pun dinilai cukup besar dan tidak efisien. "Lebih efisien mengundang ahli-ahli dari luar, lebih hemat uangnya. Ini sensitif bagi rakyat kita," tambahnya.

Mengenai sanksi bagi kadernya yang melanggar aturan untuk tidak ke luar negeri tersebut, Prabowo mengatakan akan memberi teguran sesuai dengan AD/ART partai.

"Kalau di AD/ART kan ada teguran. Surat teguran pertama, kedua, kita panggil majelis etik. Tapi tidak begitulah, kita kan kekeluargaan. Disindir saja pun sudah ngerti," paparnya. Prabowo tidak akan langsung mengeluarkan kadernya yang melanggar aturan tersebut. Selain itu, tahun ini adalah tahun pertama kadernya menjabat di DPR.

"Kami maklumlah, banyak anggota baru kami di parlemen belum pernah ke luar negeri. Tahun pertama ini bolehlah. Tahun kedua bisa moratorium," pungkasnya. (kompas)

Selengkapnya... - Gerindra Larang Kadernya Studi Banding ke Luar Negeri



Dalam Film Charlie Chaplin Tahun 1928 Ada Ponsel

WKRnews - Perempuan yang mengenakan ponsel secara aneh muncul di premier film hitam putih yang dibintangi Charlie Chaplin pada tahun 1928 berjudul The Circus. Video itu kini beredar di video-sharing YouTube.

Di dalam video itu, tampak perempuang mengenakan pakaian gelap berjalan dengan menggunakan topi yang menutupi sebagian wajahnya. Tangan kanannya seperti terlihat menggengam sesuatu dan berbicara.

Menurut pria yang pertama kali menemukan kejanggalan ini George Blake asal Belfast, Irlandia, film pendek ini adalah tayangan yang memperlihatkan pemutaran perdana film bisu Chaplin. Clarke percaya si perempuan ini adalah orang yang bisa berjalan menembus waktu sedangkan orang lain yang memberikan komentar bahwa si perempuan sedang menggosok muka, sementara komentar lainnya mengatakan film ini palsu. Bagaimana menurut Anda?(tribun)

Ini Videonya :

Selengkapnya... - Dalam Film Charlie Chaplin Tahun 1928 Ada Ponsel



Persija Gulung Persib dengan 3-0

JAKARTA - Bambang Pamungkas (BP) akhirnya sukses menjebol gawang Persib Bandung. Gol indah disarangkan Bambang dari dekat garis kotak pinalti berjarak sekitar 16 meter. Hingga peluit akhir dibunyikan, Maung Bandung tak mampu membalas. Skor akhirpun tetap 3-0 untuk Persija.

Gol Bambang Pamungkas disarangkan ke gawang Markus Horison pada menit ke 77. Dua gol lain disarangkan oleh Greg Nwokolo pada menit 53 dan Aliudin pada menit ke 64.

Sejak babak pertama, Bampang Pamungkas terlihat berulangkali berusaha menjebol gawang Markus Horison. Namun dewi pamungkas belum hinggap di BP. Justru dua rekannya yang sukses membobol gawang Maung Bandung ini.

Sebelum mencipta gol ini, Bambang Pamungkas hampir menjebol gawang. Sayangnya, umpan terobosan kepada Bambang yang tinggal berhadapan dengan Markus berakhir offside. Kedua pemain Timnas ini akhirnya saling bersapa dengan menepuk kepala. Saat kemelut di depan gawang, lagi-lagi BP hampir menjebol gawang. Sayang tendangannya meleset. BP pun hanya menepuk-nepuk wajah sendiri tanda kecewa.

Gol ketiga ini membuat pelatih Persija Rahmat Darmawan bersorak. Puluhan ribu pendukung Persija atau The Jak meneriakkan suara sehingga Stadion Gelora Bung Karno (GBK) bergemuruh.(tribun)

Selengkapnya... - Persija Gulung Persib dengan 3-0



Rekam Adegan Seks, Seorang Istri Lapor Polisi

WKRnews - Seorang perempuan berkewarganegaraan China melapor ke polisi gara-gara sang suami hobi mengambil rekaman video dan foto saat mereka melakukan adegan seks. Demikian dilansir The Star, Malaysia, Sabtu (30/10/2010).

Sang suami yang merupakan kewarganegaraan Singapura dan berusia 58 tahun ini dilaporkan sang istri berusia 42 tahun dan berasal dari Fuzhou, China, bernama Lin. Ia menikahi sang suami melalui ajang cari jodoh di China.

Senin lalu, ia mengatakan sang suami merekam dan mengambil foto saat beradegan intim dan saat ia meminta sang suami berhenti, sang suami mengancam akan menyakitinya.

"Saya tidak mengira ia memiliki hasrat seks yang luar biasa besar. Ia ingin tiap hari. Bahkan, dua kali sehari. Paling parah, ia mengambil foto dan merekam adegan itu, memasukkannya ke komputer serta menontonnya kembali," ujar Lin.

Lin menambahkan, dirinya juga baru mengetahui jika ia adalah istri keempat dari sang pria saat mereka mendaftarkan pernikahan itu. Tahun lalu, ia juga mendapatkan kenyataan bahwa sang suami memiliki banyak pacar. Walah!(tribun)

Selengkapnya... - Rekam Adegan Seks, Seorang Istri Lapor Polisi



Sampaikan Info Salah, TV One dilarang Masuk Jogja

JAKARTA - Pengguna Twitter saat ini sedang ramai membicangkan larangan TV One masuk ke Yogyakarta. Perbincangan itu mencuat setelah beredar foto bertuliskan "TV One Dilarang Masuk" di situs itu.

Pertanyaan menyangkut penolakan TV One masuk Yogyakarta itu diajukan sejumlah pengguna Twitter yang bingung.

Namun menjadi jelas saat ada user lain yang menjelaskan TV One telah memberikan info yang salah.

Disebut-sebut, reporter TV One melaporkan wedus gembel sudah mencapai Yogyakarta. Padahal yang ada cuma abu vulkanik biasa dan informasi itu membuat masyarakat panik bahkan disebut-sebut di Twiiter ada yang tewas.

Foto itu sendiri merupakan larangan bagi TV One meliput pemakaman pelaku terorisme pada 12 Agustus 2009.

Pengumuman yang ada di papan tulis itu dipasang di depan rumah Eko Joko Sarjono alias Eko Peyang. Sedangkan pengumuman di selembar kertas dipasang di rumah Air Setiawan.

Rumah Air dan Eko terletak berdekatan di Kampung Brengosan, Purwosari, Solo.

Foto itu mencuat kembali, setelah TV One disebutkan telah menyampaikan informasi salah menyangkut Gunung Merapi.(inilah)

Selengkapnya... - Sampaikan Info Salah, TV One dilarang Masuk Jogja



Aneh... Mukena Penyelamat Ponimin ditawar 10 Juta

JAKARTA - Mukena yang menyelamatkan Ponimin Solihan sekeluarga sudah ada mau membelinya. Calon pembelinya berasal dari luar negeri.

"10 juta ditawar sama orang Jerman," ujar istri Ponimin, Yati, saat ditemui INILAH.COM di rumah dr Ana Ratih Wardani, Desa Ngenta, Umbulmartani, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (30/10/2010).

Yati mengaku belum mau menjualnya. "Tuhan yang menyelamatkan saya melalui mukena dan Al Quran yang saya pegang," ucapnya.

Sebagaimana diberitakan, Ponimin sekeluarga berlindung di bawah mukena yang dipakai Yati, yang baru selesai menunaikan salat magrib, Selasa (26/10/2010). Bisa dibilang ajaib, mukena yang hanya dua meter lebarnya dan terbuat dari kain bisa menahan panasnya wedhus gembel.

Mukena itu mampu menutupi lima anggota keluarga Ponimin dan Yati, yakni Ilham Galih Habibie, Lia Hafifah, Suryadi, Fikih, dan Lilik Muhlisin.

Selamatnya Ponimin memang berbau mistis. Untuk menuju pos pengungsian terdekat, Ponimin sekeluarga menggunakan bantal dan sajadah sebagai alas secara bergantian dari rumahnya di Dusun Kaliadem, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

Menurut Ponimin, ia dan keluarganya selamat karena pertolongan sosok gaib yang datang kepadanya. Sosok gaib itu berwujud kakek mengenakan baju putih dengan api di bagian belakangnya.

Mahluk gaib itu datang dua hari sebelum letusan dan memberitahukan bahwa Merapi akan meletus. Ponimin diperintahkan tetap di rumah dan akan selamat jika ia dan keluarganya memakan jenang merah-putih dan minum air tujuh sumur yang telah diberi doa. Jenang itu harus dimakan habis oleh keluarganya.

Sosok itu mengatakan jika Ponimin mengungsi, awan panas akan dilemparkan ke arah Selatan atau ke rumah Ponimin. Namun, jika tetap di rumah, awan panas itu akan dibuang ke barat sampai ke halaman rumah Mbah Maridjan.

Sehari sebelum letusan, sosok itu datang lagi dan menyuruh membuat kupat luar janur kuning berisi rajah arab dan uang Rp100 rupiah gambar gunung. Kemudian digantung di depan rumah.

Sehari setelah itu, Merapi meletus. Ia dan keluarganya selamat. Ponimin hanya menderita luka bakar di bagian kakinya karena tidak tertutup mukena saat awan panas datang.

Menurut penuturan Yati, kakek jubah putih itu sempat mengatakan akan menghabisi Keraton Yogyakarta (dengan muntahan wedhus gembel). Namun, Yati meminta agar itu tidak dilakukan. Kakek itu sempat heran karena sampai tiga kali Yati bersikukuh meminta agar Keraton Yogyakarta jangan dihabisi. [nic/inilah]

Selengkapnya... - Aneh... Mukena Penyelamat Ponimin ditawar 10 Juta



Sultan dan Mbah Maridjan, Sama-sama Juru Kunci

Kamis, 28 Oktober 2010

YOGYAKARTA - Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Mbah Maridjan sama-sama juru kunci Tanah Jawa. Yang pertama, adalah petinggi keraton Yogyakarta, sedangkan Mbah Maridjan petinggi Merapi.

Namun wafatnya Mbah Maridjan yang kini menjadi legenda masyarakat Jawa, tidak tergantikan siapapun karena ia lekat dengan tanah leluhur, Merapi, yang merenggutnya hingga gugur.

Apalagi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X belum memiliki rencana mencari pengganti Mbah Maridjan.

Gubernur HB X sempat menyatakan bahwa Mbah Maridjan dapat selamat jika mau meninggalkan rumahnya sebelum letusan Merapi meletus. Namun Gubernur yang Sultan Yogya itu keliru bahwa Mbah Mardijan bukanlah politisi atau perwira polisi yang mudah lari dari tanggung jawab di medan laga.

Mbah Maridjan rela berkorban. "Ia berkorban luar biasa, sampai akhirnya gugur di medan laga", kata Prof Dr Damardjati Supadjar, Javanolog dari UGM.

Mbah Maridjan memang wafat, namun jiwa dan spiritnya hidup. Banyak orang Jawa percaya, spirit dan jiwa Mbah Mardijan bakal mendinginkan Merapi, menyelamatkan rakyat. Ia dipercaya jadi pusaka tanah Jawa bagi Indonesia.

Karena itu, Sri Sultan harus memberikan perhatian pada bagaimana menempatkan jasad Mbah Mardijan secara terhormat. Kalau perlu, Mbah Mardijan dimakamkan di puncak mahameru Merapi itu, demi memori sosial akan keikhlasan, ketabahan dan keyakinan dari Eyang Maridjan ini.

Istilah juru kunci Merapi bagi Mbah Maridjan, yang dilantik Maret 1983 oleh Sultan Hamengku Buwono (HB) IX itu, juga tidak linier, multidimensi dan kaya metafor. Karena itu, sangat sering membuat orang dengan logika lurus terpeleset menafsirkannya.

Mengapa ia menjadi juru kunci Merapi? Ini bertalian dengan wilayah Merapi sebagai kawasan milik Keraton Yogyakarta. Keraton punya tradisi mengangkat juru kunci Merapi sebagai bagian dari "pandangan dunia" lazimnya keraton Jawa, tentang garis magis imajiner antara Gunung Merapi, Keraton, dan Parangtritis di Pantai Selatan, Yogyakarta.

"Maka Mbah Maridjan sebaiknya diberi tempat terhormat, kalau bisa di puncak Mahameru merapi itu, untuk mengenangnya sebagai pejuang rakyat yang tulus dan "khusnul khotimah", kata Mohamad Asrori Mulky, peneliti Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Universitas Paramadina. [mdr/inilah]

Selengkapnya... - Sultan dan Mbah Maridjan, Sama-sama Juru Kunci



Korban Gunung Merapi diperkirakan Masih Bertambah

SLEMAN - Dua puluh dari 32 korban yang tewas akibat letusan Gunung Merapi dimakamkan secara masal di kawasan Sleman, Yogyakarta.

Ke dua puluh korban ini dimakamkan di kawasan Umbulharjo, Sleman, pada hari Kamis (28/10).

Sementara itu, jenazah juru kunci Gunung Merapi, Mbah Marijan, dimakamkan di tempat terpisah dan korban lainnya masih belum diketahui mengenai rencana pemakaman mereka.

Gunung Merapi meletus pada hari Selasa (26/10) yang menyebabkan korban tewas dan ribuan warga harus mengungsi dari rumah mereka.

Dua hari setelah letusan status Gunung Merapi masih dalam keadaan awas karena masih terjadi gempa dalam skala kecil dan lahar panas masih keluar dari kubah gunung itu.

Pusat pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang mendapat informasi bahwa lahar panas masih keluar dengan radius 3 km pada hari Kamis ini.

Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana belum mengijinkan warga, terutama yang tinggal dalam radius 3 km, kembali ke rumah mereka karena situasi tersebut.

Namun, untuk warga yang tinggal di radius 10 km diperbolehkan menengok rumah dan harta benda mereka.

Warga dari desa Kinarejo memanfaatkan situasi ini dengan kembali ke rumah mereka.

"Parah sekali. Rumah hancur, bersih. Yang tertinggal hanyalah dinding saja. Kalau sudah tenang saya baru mengambil keputusan apakah akan kembali atau pindah. [Untuk saat ini] belum tahu," ujar seorang warga Kinarejo yang sempat kembali ke rumahnya.

Kebanyakan warga tampak sangat khawatir dengan ternak, harta benda dan rumah yang mereka tinggalkan sehingga mereka langsung memanfaatkan kesempatan ketika diijinkan kembali ke rumah mereka.

Sementara itu, tim pencari kini memusatkan perhatian pada upaya penghitungan kerusakan dan kerugian.(bbc)

Inilah Foto-foto Akibat Letusan Gunung Merapi :









Selengkapnya... - Korban Gunung Merapi diperkirakan Masih Bertambah



Usai Menipu Sopir Truk Menabrak Bahu Jalan

MALANG - Lebih dari lima kali melakukan berbagai macam aksi penipuan, M Kholik (40) kini tak bisa berkutik lagi. Sopir truk pasir yang ditinggal di Desa Codo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang itu ditangkap Tim Buser Polres Malang, Kamis (28/10/2010).

Uniknya, Kholik yang juga membawa kabur sapi dengan dalih membelinya dari seorang blantik atau pedagang sapi, ditangkap usai sopir truk yang dikemudikannya, menabrak bahu jalan.

“Pelaku kita tangkap saat di rumah sakit. Dari laporan warga dan para korbannya, aksi penipuan yang dilakukan pelaku ternyata lebih dari lima orang,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Hartoyo, Kamis (28/10/2010) siang.

Dari data yang didapat beritajatim.com menyebutkan, korban yang menjadi aksi penipuan pelaku di antarannya adalah Pujianto (32), warga Dusun Pandan Mulyo,Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Pujianto adalah pengusaha pembuatan batu-bata. Ia ditipu Kholik dan kehilangan 7500 biji batu bata.

Menurut Pujianto, pelaku datang dan berpura-pura disuruh majikannya untuk membeli batu bata. Namun, kejadian itu sendiri terjadi pada akhir Desember tahun lalu. Saat ditagih, pelaku selalu menghindar.

Selain Pujianto, masih ada nama Sholeh (38), warga Desa Nanasan, Tajinan, Malang. Sholeh adalah pedagang sapi. Ia mengaku rugi senilai Rp.7 juta lebih karena sapi jenis Brahman yang dibeli pelaku, tidak kunjung dibayar.

“Pelaku sudah lebih dari lima kali. Masih ada sejumlah nama korban. Rata-rata, mereka tertipu oleh aksi pelaku yang berlagak seperti majikan,” papar Hartoyo. [yog/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Usai Menipu Sopir Truk Menabrak Bahu Jalan



Wartawan TV yang Kena Bogem Resmi Lapor ke Polisi

SUMENEP - Didik Setia Budi, wartawan Madura Channel, televisi lokal Sumenep, akhirnya resmi melaporkan kasus pemukulan yang dialaminya saat meliput sidang kasus korupsi di Pengadilan Negeri Sumenep, Kamis (28/10/10).

Menurut Didik, dirinya merasa harus memproses hukum kasus ini, karena merasa mendapat perlakuan yang tidak wajar.

"Saya ini kan meliput baik-baik. Sidang itu juga terbuka untuk umum, tapi kenapa kok saya dipukul pendukung terdakwa?" kata Didik.

Didik meminta agar polisi serius memproses kasus pemukulan yang dialaminya. "Polisi harus tuntas mengusutnya," ujarnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP M. Andi Lilik mengakui jika pihaknya sudah menerima laporan Didik.

"Dalam laporannya, korban mengaku dianiaya seseorang yang belum diketahui identitasnya, saat melakukan liputan di PN," papar Andi.

Karena itu, pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap saksi-saksi, untuk mengungkap kasus tersebut.

"Ini siapa yang melakukan pemukulan kan belum ada identitasnya, makanya kami harus melakukan penyelidikan dulu," imbuh Andi.

Sebelumnya, Rabu (27/10/10), Didik dipukul pendukung Wardiyanto, terdakwa kasus dugaan korupsi P2SEM saat meliput sidang vonis kasus tersebut. Awal kejadiannya saat Didik mengambil gambar di pintu ruang sidang. Saat Majelis Hakim selesai membacakan vonis, terdakwa tiba-tiba berteriak, meminta agar pendukungnya menghalau wartawan.

Didik pun langsung dijotos seseorang hingga kepalanya benjol, sambil meminta agar pengambilan gambar dihentikan. Bahkan wartawan Radar Madura, Zarnuji, juga diancam akan ikut dipukul apabila nekat mengeluarkan kamera. [tem/but/beritajatim]

Selengkapnya... - Wartawan TV yang Kena Bogem Resmi Lapor ke Polisi



Selingkuh Berujung Tukar Pasangan Kini Berlanjut ke Sidang

PAMEKASAN - Kasus perselingkuhan yang berujung adanya tuntutan saling tukar istri antara pasangan suami istri (pasutri), Khairul Anwar (48) dan Kamariyah (38), warga Desa Toronan, Kecamatan Kota, Pamekasan dengan pasutri Sugianto (40) dan Jamilah Dawiyah (38), warga Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, terus berlanjut dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Sidang kali ini merupakan yang keempat, dengan agenda menghadirkan saksi, yakni H. Sukardi, warga Tamberu Agung, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, yang merupakan teman tersangka (Sugianto), dan juga teman se partai politik (parpol). Sidang yang digelar di ruang Cakra PN Pamekasan ini adalah sidang tertutup dengan hakim majelis, Hendra Yusar dan jaksa penuntut umum (JPU) Nurhalifah.

Dalam kesaksiannya, Sukardi mengaku kenal baik dengan tersangka. Namun, ia tidak tahu menahu persoalan rumah tangga dan kasus yang menyeret temannya hingga ke pengadilan. "Tadi hakim tanya, apakah saya tahu masalah yang dihadapi Sugianto. Saya bilang tidak tahu. Saya memang kenal baik, karena dia teman satu partai. Namun, untuk kehidupan rumah tangganya saya tidak tahu," ujarnya singkat.

Usai persidangan, tersangka Sugianto bersama Kamariyah, langsung bergegas ke ruang tahanan PN Pamekasan. Sejumlah wartawan yang hendak konfirmasi masalah adanya tuntutan tukar istri dari Khairul Anwar, ditolak. Sementara itu, Khairul Anwar sendiri, yang juga mantan suami Kamariyah, tidak terlihat hadir dalam persidangan.

Seperti diberitakan, gara-gara istirnya (Kamariyah), diajak selingkuh oleh Sugianto hingga hamil kemudian melahirkan anak, Khairul menuntut Sugianto, teman akrabanya dan se partai agar menyerahkan Jamilah, istrinya kepada Khairul. Saat itu, Khairul yang ditemui usai sidang ketiga mengaku, dari pada dirinya membunuh Sugianto, yang sudah memiliki empat anak, karena telah merebut istrinya, lebih baik ia menuntut istri Sugianto diserahkan kepadanya.

"Ini sama-sama adil dan tidak dirugikan. Apalagi Kamariyah sudah tidak cinta lagi kepada saya. Begitu juga Jamilah kecewa lantaran dihianati berselingkuh dengan istri saya," kata Khairul beberapa waktu lalu.

Khairul sendiri, menikah dengan Kamariyah tahun 1990 dan dikaruniai empat orang anak. Yakni MS (19), MF (15), MD (10) dan AW (5). Kasus perselingkuhan ini bermula dari acara jalan-jalan santai di pendapa kabupaten Pamekasan dua tahun lalu. Saat itu, Sugianto, terlihat akrab dengan istrinya dan memberikan jajan.

Diam-diam, rupanya Kamariyah sering mengadakan pertemuan dengan Sugianto, hingga mengundang pergunjingan tetangga. Melihat perlakuan istrinya, Khairil menggugat cerai istrinya ke Pengadilan Agama (PA) Pamekasan. Karena belum tuntas, Khairil mengajukan proses banding.

Di saat proses banding itu, Kamariyah menghilang dalam waktu lama dan tiba-tiba Kamariyah pulang ke Khairil, dalam kondisi hamil tua, yang diduga hasil hubungan dengan Sugianto. Karuan saja Khairil sakit hati dan melaporkan Sugianto ke Polres Pamekasan dengan tudingan Sugianto melakukan perzinahan dengan istrinya 2 tahun lalu. [san/kun/beritajatim]

Selengkapnya... - Selingkuh Berujung Tukar Pasangan Kini Berlanjut ke Sidang



INSA Umumkan 600 Kapal Bodong Sudah Urus Dokumen

JAKARTA - Indonesian National Shipowners Association (INSA) mengumumkan, sedikitnya 600 unit kapal impor tanpa dokumen pemberitahuan impor barang (PIB) dan Surat Keterangan Bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) alias bodong, sudah mendaftar untuk mengurus kedua dokumen itu.

"Kapal-kapal itu milik lebih dari 50 perusahaan pelayaran nasional. Jadi, sudah 60 persen kapal bodong berbendera merah putih dari 1.000 unit kapal yang akan menyelesaikan administrasi PIB dan SKB PPN," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat INSA, Johnson W Sutjipto kepada pers di Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, pada beberapa hari terakhir, jumlah perusahaan yang melaporkan kapalnya ke organisasi itu melonjak secara signifikan.

Padahal, pada September ini, jumlah kapal yang mendaftar ke INSA baru mencapai 400 unit. "Artinya, ada kenaikan 50 persen selama sebulan terakhir setelah adanya kepastian dari pemerintah bahwa kapal itu akan dikeluarkan SKB PPN," katanya.

INSA sendiri memberikan batas waktu kepada anggota INSA agar menyerahkan data kapal bermasalahnya hingga 6 November 2010, sebelum data itu diserahkan ke Dirjen Pajak pada pertengahan bulan itu juga.

Sebelumnya, Dirjen Pajak mengeluarkan Peraturan Dirjen No. 46/PJ/2010 tentang Tata Cara Pemberian Surat Keterangan Bebas Pajak Pertambahan Nilai Atas Impor atau Penyerahan Kapal untuk Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional terkait mencuatnya 1.000 kapal bodong tersebut.

SK yang terbit tertanggal 20 Oktober 2010 yang langsung ditandatangani oleh Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo tersebut memuat 4 pasal.

Pasal 3 ketentuan tersebut menyebutkan untuk memperoleh SKB PPN, perusahaan pelayaran nasional mengajukan permohonan SKB PPN kepada Direktur Jenderal Pajak c.q Kepala Kantor Pelayanan Pajak tempat perusahaan pelayaran niaga nasional terdaftar.

Permohonan SKB PPN itu dilengkapi dengan lima dokumen yakni fotokopi kartu NPWP, surat kuasa khusus apabila menunjuk orang lain untuk pengurusan SKB PPN, surat izin usaha perusahaan angkutan laut (SIUPAL), penjelasan secara terinci sesuai spesifikasi teknis kapal dan grosse akta kapal.

Atas permohonan tersebut, Dirjen Pajak c.q Kepala Kantor Pelayanan Pajak akan memberikan keputusan dalam jangka waktu lima hari kerja setelah surat permohonan di terima secara lengkap.

"Peraturan tersebut berlaku hanya sampai 31 Desember 2010 dan kami yakin, tenggat waktu itu bisa dipenuhi," katanya.

Kegiatan impor kapal tanpa dilengkapi dokumen PIB dan SKB PPN sudah berlangsung sejak 2001. Jumlahnya terus meningkat seiring pelaksanaan kebijakan nasional asas "cabotage" (muatan dalam negeri wajib diangkut oleh kapal berbendera nasional) karena tidak pernah ada kebijakan untuk menyelesaikan kapal-kapal tersebut. (E008/K004/ant)

Selengkapnya... - INSA Umumkan 600 Kapal Bodong Sudah Urus Dokumen



PC Tablet China Akan Banjiri Indonesia

JAKARTA - Pasar tablet PC makin sesak. Produsen China pun mulai menggarap pasar yang diperkirakan bakal tumbuh pesat tersebut termasuk ke pasar Indonesia. Salah satu vendor yang mulai masuk ke pasar tablet adalah ZTE, perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di China.

Pekan lalu ZTE baru saja merilis tablet PC teranyar bernama ZTE Light. Perangkat ini tampil seksi dengan menggunakan layar herukuran 7 inci dan berat hanya 403 gram. Tablet ini memiliki kemampuan voice calling pada dual band UNITS 2100 MHZ/900 MHZ serta akses internet ke jaringan HSUPA dengan kecepatan download hingga 7,2 Mbps dan kecepatan upload hingga 5,76 Mbps.

Gadget yang menggunakan prosesor 512 MB RAM dan 512 MB ROM tersebut memanfaafkan sistem operasi Android 2.1 yang bisa diupgrade menjadi Android 2.2. Fitur lain yakni Wi-Fi, kamera 3 MP, pemutar musik dan video Mp4, Bluetooth, external SD Slot hingga 32G external memory. Ada juga headset stereo 3.5 mm dan kemampuan baterai hingga 10 jam waktu bicara.

"Tidak akan lama lagi produk ini akan segera tersedia di pasaran di Indonesia," jelas William Yao, Direktur Penjualan Terminal Handset dari ZTE Indonesia tanpa merinci harga.(Kontan/Dessy Rosalina)

Selengkapnya... - PC Tablet China Akan Banjiri Indonesia



Zaki Zimah Mengakui Kalau Miyabi Memang Hot

JAKARTA Pemain sinetron Zakki Zimah memang telah menyangkal kebenaran fotonya bersama Maria Ozawa alias Miyabi yang beredar di internet. Meski demikian, dia tak menampik kalau bintang porno asal Jepang itu memang hot.

"Miyabi Itu hot banget. Gue tahu dari temen gue. Dia bilang (Miyabi) cantik, biarpun cantik itu relatif. Gue sendiri sih enggak nyari tahu tentang Miyabi, tapi dari temen-temen gue," ujar Zakki ketika disinggung soal peredaran foto dirinya dengan perempuan yang mirip Miyabi, baru-baru ini.

Zakki mengakui, kalau ada kesempatan, ia ingin sekali bisa bermain film bersama Miyabi dalam satu scene. "Wah, pengin bangetlah bisa main sama Miyabi," ungkapnya.

Sejauh ini, produser film Ody Mulya Hidayat yang pernah melibatkan Miyabi dalam film produksinya membantah telah mengundang Miyabi ke Indonesia untuk keperluan shooting film. Kalaupun ada foto beredar, itu tak lain adalah perempuan yang parasnya serupa dengan Miyabi.

Nah, jika sampai nanti foto-foto itu benar-benar Miyabi, maka apakah Zakki Zimah tak takut dicap tukang ngibul oleh publik? "Kalo gue pribadi sih terserah orang yang menilai. Gue sih fine-fine aja," katanya mengakhiri pembicaraan.(kompas)







Selengkapnya... - Zaki Zimah Mengakui Kalau Miyabi Memang Hot



Kecewa Putusan MK, Masyarakat Adat Keerom Ancam Keluar dari Indonesia

JAKARTA - Masyarakat Adat Keerom, Papua, mengancam keluar dari wilayah Indonesia. Mereka menyatakan siap berangkat ke Port Moresby untuk menemui Parlemen Papua New Guinea dan meminta bergabung dengan wilayah negara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Keerom tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Masyarakat Adat Keerom Herman Yoku dalam jumpa pers di Hotel Royal, Jalan Juanda, Jakarta, Kamis (28/10/2010). Hal ini menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan calon Bupati Kabupaten Keerom, Celcius Watae, dalam sengketa perselisihan hasil Pemilukada Kabupaten Keerom 2010.

"Ini bukan keinginan saya, Herman Yoku, tapi adalah keinginan masyarakat adat Keerom yang kecewa dengan keputusan MK," ungkap Herman dengan didampingi Sekretaris Masyarakat Adat Keerom Bonafosius Moenda, dan Ketua Mahasiswa Perbatasan Donatus Warombri.

"Rakyat saya sudah dibodohi dengan pembunuhan demokrasi," lanjutnya.

Herman menjelaskan dalam putusannya MK tidak mengindahkan bukti-bukti yang disodorkan ke persidangan. Sebaliknya, MK, kata Herman, malah memenangkan calon Bupati Kabupaten Keerom yang tidak mampu memberikan bukti-bukti.

Bukti-bukti tersebut adalah pelanggaran yang dilakukan KPU Kabupaten Keerom yang menurut Herman melanggar tahapan Pemilukada. Herman mengaku tidak pernah ada sidang pleno KPU yang menyatakan hasil Pemilukada.

"Sesungguhnya itu bukan pleno tapi rekapan dari KPPS," kata Herman menyinggung rapat yang diklaim KPU sebagai pleno hasil Pemilukada.

Herman menyebutkan bukti lain pelanggaran Pemilukada adalah keterlibatan oknum TNI di dua TPS. Salah satunya TPS 01 Distrik Waris. Oknum TNI itu, ujar Herman, mengarahkan hasil Pemilukada yang akhirnya memenangkan calon dari luar masyarakat adat Keerom.

"Itu terjadi saat penghitungan. Jadi misalnya ketika suara saya dihitung, itu dibacakannya untuk suara orang lain. Sudah ada sistematika sehingga memenangkan calon bupati yang bukan dari masyarakat adat Keerom," tuturnya.

"Saya meminta Bapak Presiden untuk memperhatikan keputusan MK dan meninjau kembali keputusan itu, apakah menganut keadilan atau kepentingan politik hingga berdampak kepada keputusan yang tidak menganut asas keadilan dalam fakta persidangan," tegas Herman.

"Bapak Presiden tidak asing dengan saya. Saya adalah orang yang menolak dijadikannya Bintang Kejora sebagai lambang daerah," imbuhnya.(*/tribun)

Selengkapnya... - Kecewa Putusan MK, Masyarakat Adat Keerom Ancam Keluar dari Indonesia



Menkeu Setuju Adanya Asuransi Bencana

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan dirinya setuju dengan adanya asuransi bencana. Pihaknya tengah meminta Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mempelajari asuransi bencana.

Hal ini dikatakan Agus kepada wartawan usai melakukan penandatanganan restrukturisasi PDAM di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (28/10/2010).

"Asuransi bencana adalah suatu inisiatif yang lazim ada di negara maju. Indonesia belum. Kita masih dalam taraf mempelajari itu. Saya sudah minta Ketua Bapepamn LK untuk mempelajari asuransi bencana dan dalam waktu dekat akan dipaparkan di Kemenkeu tentang prinsip asuransi bencana," ungkapnya.

Berarti secara prinsip, tegasnya, pihaknya setuju didirikannya asuransi bencana. Secara prinsip mengenai asuransi bencana, pemerintah pun harus mempelajarinya.

"Preminya dari APBN. Prinsipnya seperti asuransi kerugian yang lain, tetapi ini adalah asuransi bencana atau catastrophe," ujarnya.

Agus menegaskan, pemerintah tengah membicarakan mengenai hal tersebut. "Terus juga bagaimana program reasuransi, bagaimana pengelolaan, perhitungan resiko, dan jika tidak ada bencana apakah premi bisa diklaim kembali," tuturnya.

Dikatakannya pula, bahwa asuransi bencanan masih belum bisa dipastikan apakah ini bisa masuk dalam APBN 2011 atau tidak. "Kalau soal urgensinya, bagus sekali kalau kita punya asuransi semacam itu. Tetapi bagaimana bentuknya, bagaimana itu bisa didisburse dengan baik, masih dipikirkan," paparnya.

Sementara itu, lanjutnya, jangan sampai ada halangan ketika mau dicairkannya dana asuransi bencana nantinya.
"Asuransi bencana itu pasti harus direasuransi ke perusahaan reasuransi dunia yang kuat, Karena di Indonesia saya melihat tidak ada yang siap menjalankan reasuransi, mungkin bisa dilakukan lewat konsorsoium," bebernya.(tribun)

Selengkapnya... - Menkeu Setuju Adanya Asuransi Bencana



Habis Diperkosa, Mahasiswi Gantung Diri Sebulan Kemudian

PUTNA - Seorang mahasiswi berusia 21 tahun memutuskan bunuh diri sebulan setelah dirinya diperkosa sang pacar dan teman-teman sang pacar di Putna, India. Demikian diberitakan Oneindia News, Kamis (28/10/2010).

Mahasiswi yang hanya disebutkan bernama Arya ditemukan tewas gantung diri di kipas angin yang tergantung di kamarnya. Ia kemudian meninggalkan tulisan tangan sembari menyebutkan nama-nama orang yang memperkosanya dan menginginkan mereka diberi hukuman sepadan.

"Saya meminta salinan tulisan tangan saya dikirimkan ke presiden, perdana menteri, serta kepala kementerian negara bagian. Orang-orang yang menyakiti saya adalah anggota keluarga orang terpandang dan mereka bisa menggunakan kekuasaan untuk melindungi mereka," demikian isi pesan tersebut.

"Jika kalian gagal memberikan hukuman yang setimpal, setidaknya berikan perlindungan kepada ayah, ibu, dan saudara laki-lakiku," demikian isi tulisan tangan yang jumlahnya empat lembar.

Nama-nama pemerkosanya antara lain bernama Praveen Kumar, Pushkar, Harsh Ranjan, dan Jyoti Ranjan. Dalam surat itu ia menyatakan Vinit, Pushkar dan Harsh memperkosanya secara terus menerus.

Ia juga menulis jika para pemerkosanya membuat video setelah mereka mengancam akan membunuh anggota keluarganya jika ia tidak mau bekerja sama. Ia juga meminta polisi mengirim mayatnya ke rumah sakit untuk diotopsi dan ia menunjukkan bekas-bekas pukulan di bagian tangan kiri dan juga telinganya. Polisi berjanji akan menindak lanjuti kasus ini.(tribun)

Selengkapnya... - Habis Diperkosa, Mahasiswi Gantung Diri Sebulan Kemudian



Liput Sidang P2SEM, Wartawan TV Lokal dibogem Pendukung Terdakwa

Rabu, 27 Oktober 2010

SUMENEP - Aksi kekerasan menimpa wartawan Sumenep. Didik Setia Budi, wartawan Madura Channel, TV lokal Sumenep, dipukul pendukung terdakwa kasus dugaan korupsi P2SEM, saat meliput sidang vonis kasus tersebut di Pengadilan Negeri Sumenep, Rabu (27/10/10).

Awal liputan sidang tidak ada masalah. Didik berada di pintu ruang sidang sambil mengambil gambar. Namun, saat hakim selesai membacakan vonis, terdakwa korupsi P2SEM, Wardianto, tiba-tiba berteriak dan meminta pendukungnya untuk mengusir wartawan.

Saat itulah spontan para pendukung terdakwa yang berjumlah puluhan orang menyerang dan memukul bagian belakang kepala Didik hingga benjol. Didik pun lari menyelamatkan diri. Sementara Majelis Hakim pun ikut tergopoh-gopoh keluar ruang sidang, sambil berteriak meminta agar Didik berlindung ke bagian keamanan.

Massa masih terlihat emosi. Bahkan, wartawan Radar Madura, Zarnuji juga nyaris menjadi sasaran amuk massa tersebut. Zarnuji diancam akan ikut dipukul apabila tetap nekat mengeluarkan kamera.

Menurut Didik Setia Budi sikap para pendudung terdakwa korupsi itu sangat keterlaluan .

"Saya meliput karena memang tidak ada larangan kan, mengambil gambar pada sidang vonis korupsi yang terbuka untuk umum itu? Tapi, kenapa saya jadi tiba-tiba diserang pendukung terdakwa?" sesalnya.

Didik mengaku segera melakukan koordinasi dengan pimpinan media dan PWI untuk menentukan langkah lebih lanjut.

Sementara itu, wakil Ketua PWI Sumenep, Ahmad Zahrir Ridha mengecam tindak kekerasan pada wartawan yang dilakukan pendukung terdakwa kasus korupsi.

"Kekerasan pada wartawan tidak bisa dibiarkan. Kasus ini harus diproses agar tidak terulang lagi," tegas Zahrir.

Dalam sidang siang tadi, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sumenep, menjatuhkan vonis 4 tahun penjara terhadap terdakwa kasus korupsi P2SEM, Wardianto selaku Ketua Persatuan Guru Langgar (KPGL) Sumenep. Terdakwa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang menyebabkan kerugian negara Rp 75 juta.[tem/ted/beritajatim]

Selengkapnya... - Liput Sidang P2SEM, Wartawan TV Lokal dibogem Pendukung Terdakwa


 
 

Photo Kegiatan

Demo di Kejaksaan Madiun Kota
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9
Tim Pendakian Gunung WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6 Photo 7 Photo 8 Photo 9 Photo 10 Photo 11 Photo 12
Launching WKR
Photo 1 Photo 2 Photo 3 Photo 4 Photo 5 Photo 6

Gallery


 

Komentar Pembaca

Kategori

Artikel (38) Daerah (310) Ekonomi (139) Gaya Hidup (69) Hukum dan Kriminal (388) Info Hukum (42) Internasional (336) Jagat Jungkir Balik (97) Kesehatan (112) Korupsi News (132) Lokal Madiun (190) News Update (617) Olah Raga (177) Otomotif (38) Pendidikan (79) Politik (170) Selebriti (332) Serba-Serbi (208) Techno (183) Tips (36)

Followers

Disclaimer

wakoranews.blogspot.com tidak mempunyai file hosting pada server ini. Semua isi hosting ada pada situs web pihak ketiga. wakoranews.blogspot.com tidak bertanggung jawab untuk seluruh materi web pihak ketiga baik berupa gambar atau teks dan tidak memiliki keterlibatan di download / upload, kami hanya posting materi yang tersedia di internet dan juga kami tidak merubah sumber yang menerbitkannya. Apabila ada yang keberatan, kami akan menghapus posting yang menjadi claim.

=================================================

PERHATIAN : Semua gambar yang diposting di www.wakoranews.co.ccc hanyalah ILUSTRASI apabila ada yang keberatan kami akan menghapusnya. Terima kasih